Posisi anda: Beranda / Kampas ganda

kampas ganda mio-j SGPart

165854PSGP
kampas ganda mio-j
Harga:
IDR
Rp98,500.00
Rp136,000.00
    Silakan pilih informasi yang Anda inginkanX
  • Dikirim dari:
    Jakarta SGPart
    Makassar
    Surabaya
    Semarang
    Samarinda
    Pontianak
    Banjarmasin
    Palu
    Manado
    Kendari
    Ace
    Medan
    Palembang
    Padang
    Bengkulu
    Pekanbaru
    Jambi
    Lampung
    Bandung
    Kupang
    Serang
QTY:
-
+
(575 pieces)
  • Produk yang direkomendasikan
Item 0 yang dipilih
Rp98,500.00
Rp136,000.00
Hemat Rp37,500.00
  • Deskripsi
  • Ulasan(97)






Mengenal Fungsi Kopling Ganda Sepeda Motor

Mengenal Fungsi Kopling Ganda Sepeda Motor
KabarOto.com - Mungkin bagi anda pemilik motor kurang paham dengan sebuah komponen bernama Kopling ganda. Kopling ganda adalah sistem kopling yang memiliki dua buah mekanisme kopling pada motor matic dan bebek.

Menurut M.Syarifudin Technical Training Instruktur, Main dealer sepeda motor Honda TDM, Lampung, ada dua komponen utama pada kopling ganda, yaitu kampas kopling ganda dan rumah kopling yang bentuknya seperti mangkuk.

Fungsi kopling ganda ini untuk memutus tenaga dari mesin ke transmisi, sehingga meski mesin hidup motor tidak akan bergerak. Kopling ganda biasa di sebut juga kopling otomatis, karena bekerja berdasarkan putaran mesin.

Caption

 

Jika mesin berputar idle atau langsam, maka kopling tidak akan bekerja untuk menghubungkan putaran mesin ke transmisi, tetapi jika putaran mesin dinaikkan atau memutar gas, maka kopling ganda ini akan bekerja dan terhubung.

Saat mesin dihidupkan pada RPM rendah, kampas mulai bergerak ke arah rumah kopling, namun kampas ini belum menyentuh rumah kopling sehingga meski kampas berputar tapi rumah kopling belum berputar.

Bentuk kopling ganda

 

Ketika gas mulai diputar maka disitu ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling. Ketika berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan.

Nah, Anda harus mengetahui ciri-ciri kopling ganda yang sudah haus. Biasanya gejala yang sering dirasakan ada getaran saat kendaraan mulai berjalan. Selain itu juga tenaga yang dihasilkan menjadi berkurang. Ini disebabkan kopling ganda tidak bekerja berdasarkan putaran mesin karena aus.

Penyebab kopling ganda aus dikarenakan cara berkendara yang kasar dalam membuka dan menutup gas. "Itu berpengaruh sekali ke masa pakai kampas kopling. Kalau sudah mengalami hal itu harus segera ke bengkel untuk diganti," paparnya.

Penilaian rata-rata: 5.0 berdasarkan ulasan 97
Bagikan pemikiran Anda dengan pelanggan lain
Menulis review
Ulasan produk dapat dilakukan setelah Login, silakan klik di sini untuk Login
Message Us